Wallpaper Alternatif Mempercantik Dinding

July 25, 2009 by  
Filed under Kamar Tidur, Ruang Tamu, Tips Property

Tips Property Wallpaper Alternatif Mempercantik Dinding oleh DotLahPis comPemakaian wallpaper bukan melulu untuk urusan estetika. Kertas dinding ini punya kelebihan yang tak dimiliki cat tembok. Untuk pemasangan, serahkan pada ahlinya agar kertas dinding awet hingga bertahun-tahun. Selain itu, pilih yang terbebas dari racun.

Banyak alasan orang untuk melapisi dinding rumahnya dengan kertas pelapis dinding alias wallpaper. Salah satunya, untuk mendapatkan kesan dinding yang lebih ekspresif. Corak, motif, dan warna wallpaper sangat beragam sehingga membuat dinding terlihat lebih hidup.

Sama halnya dengan dunia mode, wallpaper pun mengenal tren yang disesuaikan dengan gaya rumah. Untuk rumah klasik, misalnya, bisa dipilih motif Victorian seperti bunga-bunga. Sebaliknya, untuk rumah minimalis, pilihan yang pas adalah warna gelap seperti abu-abu. Sementara jika rumah Anda bergaya Oriental, warna yang bernuansa gold merupakan pilihan jitu. “Wallpaper dengan gaya Oriental sekarang sedang menjadi pilihan nomor satu,” ungkap Harijadi A. Yosdhi, Managing Director PT. Aneka Papera Indah.

Mahalkah memasang wallpaper? Dulu memang harganya lumayan tinggi, tetapi sekarang di pasaran banyak dijual wallpaper dengan harga yang lebih murah. Harijadi pun menegaskan, salah kalau orang berangapan memasang wallpaper lebih mahal dibandingkan memakai cat biasa.

Kata Harijadi, ketahanan wallpaper bisa sampai 10 bahkan 15 tahun. “Paling banter 8 tahun, deh. Sementara cat hanya tahan 2 tahun. Kalau mau dicat ulang harus dikerok atau diamplas dulu. Biaya yang dikeluarkan jadi lebih besar.Belum lagi ruangan jadi kotor dan berdebu. Sementara wallpaper, dalam sehari sudah bisa dipasang dan tidak berbau.”

Dari segi harga, harga wallpaper yang paling murah sekitar Rp 12 ribu/meter hingga ratusan ribu rupiah. Meski sepintas terlihat mahal sehingga perlu menguras kocek lebih dalam, kertas pelapis dinding juga punya fungsi lain, yaitu menutupi retak-retak rambut di dinding, yang tidak bisa dilakukan oleh cat dinding biasa. Selain itu, kertas ini juga bisa dipakai untuk menutupi dinding yang tidak rata pengerjaannya.

Syarat Khusus
Satu hal yang perlu diwaspadai saat memilih wallpaper adalah soal kandungan bahan berbahayanya. “Pilih yang pencair tinta atau lapisannya berbahan dasar waterbase. Jadi, meskipun dipasang di kamar anak-anak, tidak berbahaya dan aman dipegang,” saran Harijadi.

Agar mendapat hasil terbaik, ia juga menyarankan, jangan langsung memutuskan membeli wallpaper di satu tempat. “Bandingkan dengan wallpaper lain di beberapa tempat atau lihat di beberapa situs internet.”

Ada syarat tertentu saat menempel wallpaper. “Kalau dinding baru, biarkan keringatan dulu (atau berembun). Biasanya dinding baru disiram air beberapa kali agar berembun. Selain hasilnya bagus, juga untuk meminimalis retak rambut. Untuk dinding yang kering dan rata tak perlu diplamir dulu, kecuali wallpaper produk China, dindingnya harus diplamir dulu.”

Perhatikan dengan seksama pola/motuf wallpaper yang akan dipasang. “Kalau tukang, sih, sudah biasa memasang. Sebaiknya memang memakai tukang agar hasilnya optimal supaya tidak menggelembung atau garis pemisahnya tidak kelihatan. Salah memasang malah menambah biaya lagi.” Soal perawatan? “Cukup bersihkan dengan lap basah jika berdebu,” kata Harijadi.

Tergantung Pemasangan
1. Sebelum membeli wallpaper, siaplah menerima konsekuensi pemakaian untuk jangka panjang.
2. Untuk ruangan kecil, sebaiknya pilih wallpaper dengan garis horisontal agar ruangan terlihat besar. Jangan terlalu banyak motif karena terkesan ramai dan menambah sempit.
3. Kalaupun ingin bermotif, pakai yang jaraknya jarang-jarang atau hanya di satu dinding saja. Misalnya, di bagian kepala tempat tidur.
4. Wallpaper yang tahan lama sangat tergantung pemasangan. Jangan sampai terkena rembesan/bocoran air karena lama-lama bisa mengelupas.
5. Cocokkan dengan furnitur. Penulis : Noverita K. Waldan. Sumber : kompas


Comments

32 Comments on "Wallpaper Alternatif Mempercantik Dinding"

  1. jazz on Mon, 7th Sep 2009 00:57 

    dimana bisa membeli kertas dinding di daerah bandung?? trims.

  2. Dena Supriatna on Sat, 22nd May 2010 03:28 

    pengen atuh tapi belinya dimana? bisa dikirim ditempat langsung

  3. ali on Thu, 27th May 2010 21:18 

    tertarik sih, tapi kisaran harganya berapa? trus kalo di bandung ada dimana? nuhun.

  4. rudi on Tue, 22nd Jun 2010 12:34 

    dimana tuk membeli wallpaper didaerah jogja…

  5. ina on Fri, 30th Jul 2010 07:32 

    SAYA BUTUH INFORMASI DIMANA SAYA BISA MENDAPATKAN WALLPAPER UNTUK KAMAR SAYA YANG BERNUANSA KEBUN BUNGA DAN BANYAK KUPU-KUPUNYA.TQ WAITING FOR YOUR REPLY ASAP

  6. nasuha sanwani on Thu, 12th Aug 2010 03:50 

    kami intercaya interior, yg beralamat di kemabangan selatan, jakarta barat, menjual dan melayani pemasangan wallpaper, hub: 021 832 88 515 dan 0857 8221 5711

  7. tris on Wed, 13th Oct 2010 07:25 

    untuk daerah jogja bisa dibeli di jalan magelang, selatan bank bni, atau di supermarket bangunan jalan magelang

  8. Dodot on Sun, 17th Oct 2010 07:39 

    Intercaya interior bisa melayani daerah cikarang, bekasi?? Atao ada cabang dsini? Thank u

  9. rida on Tue, 23rd Nov 2010 11:14 

    kalau misalnya dinding nya kayu, bagus nggak dikasih wallpaper? thanx

  10. dha on Tue, 18th Jan 2011 06:00 

    harga per meter berapa????????????

  11. trisna on Thu, 27th Jan 2011 10:03 

    mohon informasi harga dan produknya bisa diemail ke saya, saya memang sedang mencari wallpaper kalo ada yg bernuansa bunga2 atau persawahan. trims

  12. ninda on Sun, 13th Feb 2011 15:55 

    mo tanyaa,, dimana si toko walpepper di bali dan harga per meter berapa… mohon info nya ya,, trima kasih..

  13. ninda on Sun, 13th Feb 2011 16:02 

    mohon minta di balas yaa,, karna saya sangat butuh info nya cepat… trima kasih

  14. nisa on Mon, 14th Mar 2011 13:45 

    kl wallpaper bisa d pakai untuk menutupi diding yg lembab, nggak….??

  15. Phil Garcia on Wed, 16th Mar 2011 18:40 

    Tired of seeing your business buried way down in search results? We’ll get you to the top of Page #1 Google search results free. At no cost, you’ll rise above the competition, get more traffic and more sales–starting just 2 days from now. Click here for more information.

  16. ayu on Mon, 21st Mar 2011 12:58 

    tanya untuk daerah bali dimana saya bisa belii ya…?

  17. riyan on Fri, 6th May 2011 23:32 

    seluruh indonesia bisa beli wallpaper dinding di http://www.carikertasdinding.blogspot.com

    terima kasih

  18. icha on Thu, 2nd Jun 2011 09:40 

    penggunaan hanya untuk tembok atau bisa untuk triplek, gypsum,dll????
    thanks

  19. yus on Thu, 2nd Jun 2011 14:28 

    Kisaran harganya berapa ya?

  20. yus on Thu, 2nd Jun 2011 14:30 

    tempatnya di bali dimana ya?

  21. Linda on Tue, 19th Jul 2011 14:37 

    mau tanya untuk daerah bandung, bisa beli dimana ya? please reply to my email ya.. thanks

  22. dewi on Wed, 27th Jul 2011 04:01 

    wallpeper biasanya kan belinya per roll,satu roll itu brapa meter and ukuran berapa ke berapa,,terusn berapa harga dan ongkos pemasangan,terima kasih ditunggu jawabannya

  23. oriz on Thu, 4th Aug 2011 09:03 

    aku di lipo cikarang kalo perlu walppeper nya toko lokasi di mana mau liat motif dulu.tolong alamatnya yah…

  24. mulyadi on Sun, 14th Aug 2011 16:23 

    memasang wallpaper didinding dan tripleks menggunakan lem perekat apa yang kuat dan tahan lama?

  25. Prima on Wed, 5th Oct 2011 08:11 

    boleh taw ga,, dimana ada yang jual wallpaper kamar,, di daerah Bali?? aq tinggal di Denpasar

    di info yah,,, trims (“,)

  26. sagung anindya on Tue, 27th Dec 2011 11:55 

    DI DAERAH DI BALI DI MANA YG JUAL ???

  27. niens on Mon, 16th Apr 2012 05:17 

    tolong alamat lengkap yang jual wallpaper daerah bandung yaa?
    sekalian harga ma motifnya…tks!

  28. Ridwan on Tue, 1st May 2012 14:47 

    saya tinggal di Bandung dan hari ini baru saja bekerja di toko interior dan accesoris salah satunya wallpaper. Saya sedang me research semua tentang pekerjaan saya BTW saya bekerja di toko Indra di Jl kepatihan No.8 Lt 2 Bandung disono wallpaper bejibun. Jangan lupa bilangin tentang saya supaya Bos baru saya senang sama saya. makasih

  29. Mita on Sat, 26th May 2012 10:21 

    Btw yg di bandung namanya toko Indra paling murah per meter berapa?n mint a no telponnya dong trims

  30. andhikarentcar on Thu, 7th Jun 2012 06:49 

    woooh kalo mau wall peper harga grosiran hub saya di bali di jamin harga bersaing kami ambil langsung dari distributornya wall peper and sticker rumah.

  31. elly on Wed, 12th Sep 2012 11:57 

    klo mo beli di magelang ada nggak? harga /mtrnya kisarqan brp?

  32. ayix on Wed, 28th Aug 2013 01:43 

    Dimana saya bisa membeli wallpaper dan jasa pasangnya di denpasar bali
    let me know tolong

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!